IMG-LOGO
Berita Lokal

Potensi Cengkeh dan Madu Asli Desa Giritengah Ternyata Banyak Manfaatnya!

Create By kristiadi 24 July 2021 28 Views
IMG
[TAHUKAH KAMU?]

K

omoditas Cengkeh merupakan emas hijau Indonesia. Cengkeh dari Desa Giritengah merupakan cengkeh yang terkenal berkualitas bagus. Semua bagian dari tanaman ini tidak ada yang terbuang. Batang, ranting bahkan daun-daun yang menyampah pun bisa diolah sebagai bahan baku minyak cengkeh atau minyak atsiri.Hasil penyulingan minyak cengkeh dari perbukitan Menoreh Kabupaten Magelang terkenal bagus.Kualitas dari wilayah Borobudur paling bagus karena faktor tanah dan cuaca. Musim kemarau seperti saat ini daun cengkeh kering melimpah dibanding musim hujan. Kondisi itu menjadi berkah tersendiri bagi pemilik dan buruh penyulingan minyak cengkeh.

Selain Cengkeh, beberapa masyarakat dari Desa Giritengah Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dari berbagai nektar yang masih mengandung enzim diastase aktif. Berbagai kelebihan madu sebagai makanan bernutrien tinggi sudah diketahui sejak zaman dahulu. Manfaat madu untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya yang beragam. Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin A.

beberapa manfaat dari madu dari Desa Giritengah secara umum ini kamu harus tau!


Menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh. Khasiat madu ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kemampuan madu yang satu ini, di antaranya memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung, hingga kanker.


Meningkatkan imunitas tubuh

Senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi. Ditambah lagi, madu juga diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

Meredakan batuk

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Selain itu, berbagai antioksidan pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Mempercepat penyembuhan luka

Madu sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Produk yang mengandung madu, misalnya beeswax, dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka.

Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh manfaat madu adalah luka bakar, lecet, dan luka diabetes. Namun, madu yang dapat menyembuhkan luka adalah madu yang terjamin steril.

 Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Madu juga merupakan prebiotik, sehingga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sifat madu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fitonutrien pada madu bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Madu juga dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah

___

Selain madu asli dari Giritengah, potensi lain yang bisa digali seperti cengkeh juga memiliki manfaat yang banyak juga loh! Berikut ini beberapa manfaat cengkeh:

Membunuh bakteri penyebab penyakit

Cengkeh memilki sifat antibakteri untuk menghentikan infeksi salah satunya dengan membunuh bakteri E. coli. Keren bukan?Cengkeh juga dapat menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan bakferi penyebab plak gigi dan penyakit gusi.

Mengobati sakit maag

Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

Mengendalikan Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah. Penelitian lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes.

Itu dia beberapa manfaat dari madu dan cengkeh yang anda bisa dapatkan di Desa Giritengah. Hmm ternyata madu yang kita tidak sangka sangka dari lebah juga banyak manfaatnya ya. Tidak kalah juga cengkeh yang kecil kecil cabe rawit! Tidak lupa juga apabila anda berkunjung ke Desa Giritengah banyak tujuan ekowisata yang bisa anda kunjungi. Jangan sampai ketinggalan!


Referensi: Hellosehat.com

Penulis: Shania Sofia Gudono

Sub Unit Giritengah Dusun Onggosoro

Tim KKN PPM UGM 2021

Dosen Pembimbing: Dr. Tri Joko, S.P., M.Sc.