IMG-LOGO
Berita Lokal

Pesona Desa Wisata Giritengah: Berwisata di Tengah Perbukitan

Create By kristiadi 24 July 2021 56 Views
IMG

K

eindahan Desa Giritengah sudah tidak diragukan lagi adanya. Berada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah secara geografis, Desa Giritengah berbatasan dengan Desa Karanganyar di sebelah utara, Desa Tuksongo di sebelah timur, dan dengan Desa Giripurno di sebelah Barat. Wilayah Desa Giritengah menurut datanya memiliki luas 432, 201 Ha dengan jumlah penduduk 2888. Kondisi alam yang berlereng dan perbukitan menciptakan panorama alam yang indah. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Magelang Tahun 2014-2034 Desa Giritengah dimasukkan kedalam Desa Wisata.

desa

Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 4 Tahun 2015


Lingkungan yang masih asri dipadu dengan masyarakat yang ramah menjadikan desa ini begitu menenangkan hati. Berikut ini destinasi yang yang wajib dikunjungi Desa Giritengah diantaranya:


1.     Bukit Limasan

 


Sumber foto: Genpijogja.com

Bukit di Desa Giritengah Dusun Mijil ini banyak diburu oleh para pemburu sunrise untuk melihat indahnya kabut yang menyelimuti kawasan Borobudur ini. Dengan HTM Rp 5000 pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan menenangkan di bukit ditemani oleh bunga kenikir yang apabila musim bermekaran.

2.     Pos Mati

 

 


Sumber foto: Farchannorrachman

 

Kecamatan Borobudur memiliki spot terkenal untuk mencari sunrise yakni Punthuk Setumbu adalagi spot baru sunrise yang tidak kalah terkenalnya yakni Pos Mati di Dusun Kalitengah, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur. Berasa sejejar dengan perbukitan Menoreh. Menurut cerita masyarakat,  alah satu tempat persinggahan pasukan Pangeran Diponegoro saat perang Jawa. Cerita tentang Pos Mati ini diturunkan turun temurun dan menjadi legenda lokal. Di Pos Mati ini konon pasukan Pangeran Diponegoro memantau pergerakan pasukan kolonial Belanda. Dulu, Pangeran Diponegoro memang bergerilya melalui garis perbukitan Menoreh.

 

3.     Sanggar Seni Saking Ndene

 

 

 

 



Selain alamnya, Desa Giritengah juga memiliki destinasi wisata untuk mempelajari kebudayaan Jawa. Pengunjung bisa ke Sanggar Seni Saking Ndene milik Bapak Tijap. Disini perngunjung dapat mempelajari alat musik tradisional jawa. 

 

4.     Punthuk Mongkrong

 

 


Punthuk Mongkrong tepatnya berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Dari Candi Borobudur, jarak tempuhnya sekitar 8 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam saja.Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 saja untuk bisa menikmati pesona sunrise di Punthuk Mongkrong. Nominal tersebut selain tiket masuk, juga termasuk tarif parkir.

Empat destinasi tersebut dapat menjadi pilihan wisata ketika anda berkunjung ke Kabupaten Magelang. 


Penulis: Shania S Gudono

KKN PPM UGM 2021

Giripurno- Giritengah

Dosen Pembimbing Dr. Tri Joko, S.P., M.Sc